oleh

Embarkasi Makassar siap layani 15 ribu jemaah haji

Jelang bergulirnya musim haji 1438H/2017M, Embarkasi Sudiang Makasar siap melakukan pelayanan kepada jemaah haji Indonesia. kesiapan ini disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel Abdul Wahid saat peresmian Mock Up Pesawat Terbang di Makassar.

Mock Up yang disiapkan Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPS BPIH) dan Garuda Indonesia itu diresmikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Pada saat yang sama, dilakukan juga tes kualitas makanan yang akan diberikan kepada jemaah dalam penerbangan (meal test).

Menurut Abdul Wahid,  Embarkasi  Makassar tahun ini akan melayani 35 kloter dengan total 15.911 jemaah haji.

“Jemaah haji yang berangkat dari Embarkasi Sudiang  Makasar berasal dari 8 Provinsi, yakni Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Sulawesi Selatan,” tuturnya, dikutip dari laman Kemenag, Sabtu (15/07).

“Khusus Sulawesi Selatan, tahun 2017 ini akan memberangkatkan 7.308 jemaah yang terbagi dalam 16 kloter,” lanjutnya.

Abdul Wahid menambahkan, bahwa persiapan penyelenggaraan haji di Provinsi Sulsel berjalan lancer dan tidak ada kendala. Proses pemvisaan jemaah haji yang akan berangkat pada gelombang pertama sudah selesai. “Untuk gelombang kedua, semoga juga selesai semua sebelum keberangkatan,” ujarnya.

Kloter pertama yang berangkat dari embarkasi Makasar akan masuk asrama Haji Sudiang Makasar pada 27 Juli dan terbang pada 28 Juli 2017.

Kepada Menag, Abdul Wahid juga menyampaikan bahwa berdasarkan pemantauan dan penilaian Komisi Pengawasan haji Indonesia (KPHI),  Embarkasi Makassar pada tahun 2016 dinyatakan sebagai Embarkasi Terbaik. Dia berharap, prestasi itu bisa dipertahankan pada musim haji tahun ini.

“Bahkan diharapkan lebih baik daripada tahun 2016. Apalagi dengan adanya penambahan  sarana Mock-Up pesawat ini,” harapnya.

Kepala UPT Asrama Haji Muhammad Nasir mengatakan Asrama Haji Sudiang Makasar siap melayani jamaah haji. Dia berharap, telah dibangunnya wisma baru dan pengadaan Mock Up Pesawat terbang akan lebih memantabkan jamaah haji dalam beribadah.

(AP) Sumber :https://makassar.merdeka.com/kabar-makassar/embarkasi-makassar-siap-layani-15-ribu-jemaah-haji-170715i.html

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed