oleh

PERAN BKMM ( BALAI KESEHATAN MATA MAKASSAR ) DALAM PENANGGULANGAN GANGGUAN PENGLIHATAN DAN KEBUTAAN

Makassar (GamasiFm) – Talkshow bersama BKMM (Balai Kesehatan Mata Makassar) dalam penanggulangan gangguan penglihatan dan kebutaan, Kamis (5/10/2017) di Radio GamasiFm.

Dalam talkshow ini sebagai narasumber dari BKMM yaitu Dr.dr.Noor Syamsu,Sp.M(K)M.Kes yang juga sebagai direktur BKMM dan didampingi oleh Bachtiar.Skm mengatakan, bahwa dalam upaya mencegah dan menanggulangi gangguan penglihatan dan kebutaan perlu mendapatkan perhatian.

Untuk menangani permasalahan tersebut, WHO membuat program yang bernama VISION 2020 yang direkomendasikan untuk diadaptasi oleh negara-negara anggotanya.

Menurut hasil survey kebutaan di Indonesia yang menggunakan metode Rapid Assessment Of Avoide Blindess (RAAB) yang baru dilakukan di 3 provinsi yaitu NTB, Jabar dan Sulsel pada tahun 2013-2014 mendapatkan prevalansi kebutaan pada masyarakat yang berkisar pada usia kurang lebih 50 tahun dan rata-rata di 3 provinsi tersebut adalah 3,2 % dengan penyebab utama adalah KATARAK.

Dari pihak BKMM sendiri akan membuat kegiatan atau program BKMM dimana diantaranya program kecamatan sehat mata, memberikan penyuluhan atau sosialisasi, melakukan screening dan pemeriksaan kelainan refraksi terhadap murid sekolah dasar, melakukan screening dan pemeriksaan buta warna terhadap murid sekolah menengah pertama, serta melaksanakan sosialisasi melalui pameran, talkshow radio dan tv.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed