Mahasiswa Farmasi S1 Stikes MegaRezky Edukasi Manfaat Obat Tradisional Di Pulau Barrang lompo

Makassar (6/6/2018) Gamasifm – Stikes Mega Rezky Makassar, khususnya Program Studi S1 Farmasi, belum lama ini melakukan pengabdian masyarakat (Abdimas) di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Sangkarang, Kota Makassar. Abdimas dengan tema “Pemanfaatan Obat Tradisional sebagai Alternatif Pengobatan pada Masyarakat”, ini dilakukan dengan pengambilan sampel biota laut.

Ketua Tim kegiatan tersebut, Muhammad Asri SR SFarm MFarm Apt mengatakan ada beberapa temuan yang diperoleh timnya saat berada di lapangan. “Dari berbagai jenis tanaman di pekarangan warga, banyak diantaranya merupakan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat,” ucap Asri.

Sayangnya, dari pengamatan mereka, masyarakat masih belum mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan tanaman obat tersebut. “Masyarakat menggunakan tanaman obat karena saran dari teman, tetangga dan telah digunakan secara turun temurun,” tutur Asri.

Terkait kegiatan Abdimas, Asri mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai berbagai tanaman yang mempunyai khasiat tanaman obat dan swamedikasi. “Kami juga menjelaskan mengenai cara pemanfaatan tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan.”

Asri berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cara pemanfaatan tanaman obat yang baik dan benar, pemilihan tanaman obat untuk indikasi penyakit tertentu, hingga cara pengolahan tanaman.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *