Listrik 14 Desa Di Sulsel Menyala Jadi Kado Akhir Tahun Dari PLN

LUWU,  RADIOGAMASI. COM – 14 Desa di Provinsi Sulawesi Selatan kini patut berbahagia. Pasalnya mereka telah menikmati listrik yang ditandai dengan peresmian penyalaan listrik desa (Lisa) secara simbolis di Desa Pajang, Kec. Latimojong, Kab. Luwu oleh Wakil Bupati Luwu H. Amru Saher S. T. Didampingi GM PLN UIW Sulselrabar Bambang Yusuf.

Jauh dari hingar bingar kota, petugas PLN harus menempuh waktu 3 jam 30 Menit dari Kota Palopo untuk menjangkau desa tersebut. Kondisi jalan setapak dengan kondisi geografis pegunungan yang hanya bisa dijangkau dengan kendaraan khusus dan motor trail juga menjadi tantangan bagi PLN untuk melistriki desa tersebut. Dalam jangka waktu kurang lebih satu tahun PLN berhasil melistriki desa tersebut.

Rasa syukur ditandai dengan diadakannya acara seremonial penyalaan listrik desa yang digelar di desa Pajang, Kab. Luwu.

Total desa yang dinyalakan adalah sebanyak 14 desa yaitu :
1. Desa Ranteballa, Kec. Latumojong, Kab. Luwu
2. Desa Bone Posik, Kec. Latimojong, Kab. Luwu
3. Desa Tolajuk, Kec. Latimojong, Kab. Luwu
4. Desa Tabang, Kec. Latimojong, Kab. Luwu
5. Desa Ulusalu, Kec. Latimojong, Kab. Luwu
6. Desa Pajang, Kec. Latimojong, Kab. Luwu
7. Desa Ratte, Kec. Sendana, Kab. Tator
8. Desa Potok Ullin, Kec. Buntu Batu, Kab. Enrekang
9. Desa Pulu-pulu, Kec. BT. Pepasan, Kab Toraja Utara
10. Desa Sapan Kua-kua, Kec. Buntao, Kab. Tator
11. Desa Mappa, Kec. Bonggakaradeng, Kab. Tator
12. Desa Kadundung, Kec. Sendana, Kab. Tator
13. Desa Pattuku, Kec. Bontocani, Kab. Bone
14. Desa Misa Babana, Kec. Buntao, Kab. Tator

Selain dihadiri Wakil Bupati Luwu dan GM PLN UIW Sulselrabar, hadir pula dalam peresmian tersebut Manager UP2K Sulsel Syaefudin, Manajer UP3 Palopo Radytia Harinugraha, Kepala Desa Pajang Sahur, serta masyarakat Desa Pajang.

Pada kesempatan tersebut H. Amru Saher S. T. menyampaikan terimakasih kepada PLN yang telah bekerja keras untuk melistriki desa ini.

“Anak-anak dapat belajar dengan waktu yang lebih lama pada malam hari sehingga bisa melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan kami berkomitmen akan mendukung penuh pada pembangunan listrik desa,” ungkap H. Amru Saher S.

Dalam sambutannya Bambang Yusuf mengucap syukur dan turut berbahagia dengan terlistrikinya 14 Desa tersebut, selain itu PLN merupakan BUMN yang dituntut untuk mengemban tugas menjadi agen pembangunan hingga ke pelosok negeri.

Bambang Yusuf berharap, dengan masuknya listrik Desa bisa berdampak positif dan potensi ekonomi dapat berkembang karena listrik bukan hanya penerangan semata namun juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bambang menambahkan listrik dapat bermanfaat utamanya bagi anak-anak sekolah yang ingin belajar pada malam hari.

“Kami berharap anak-anak dari desa Pajang yang terpencil nan indah ini dapat menghasilkan generasi emas penerus bangsa yang nantinya dapat menjadi pemimpin di masa depan,” tutup Bambang.

Untuk melistriki empat belas Desa tersebut, dibangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) 20 kilovolt (kV) sepanjang 69,95 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah 220 V sepanjang 52,87 kms. Total daya yang dialirkan sebesar 1.250 kVA untuk melayani 1.300 pelanggan.

Sahur mewakili masyarakat untuk mengucapkan rasa syukur karena apa yang diimpikan selama bertahun tahun tentang penerangan listrik PLN menjadi kenyataan.

“Kami yakin akan bayak perubahan yang didapatkan terutama di desa Pajang terkhusus pengembangan layanan Puskesmas bagi kesehatan masyarakat,” pungkas Sahur.

Kini warga desa dapat menikmati listrik dan dapat dimanfaatkan bagi kegiatan usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan masyarakat. 100% desa di Sulawesi Selatan telah terlistriki pada tahun 2018. Untuk dusun di provinsi Sulawesi Selatan ditargetkan seluruhnya akan terlistriki pada tahun 2019. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *