oleh

Mau ki Tetap Bahagia Meski Dalam Kesulitan? Simak Renungan Ini

GAMASI.COM, (10/6/2019) MAKASSAR –

Bahagia dalam Kesulitan
Oleh: Usman Jasad

Dalam hidup tentu saja ada kesulitan, seperti: krisis keuangan, bencana dan penyakit. Tetapi itu tidak boleh menjadi penghalang untuk hidup bahagia. Dari pada Anda bertanya, mengapa kesulitan itu terjadi.

Lebih baik bertanya, apa yang akan dilakukan untuk mengatasi kesulitan itu. Daripada Anda bertanya, mengapa kesulitan itu terjadi sekarang. Lebih baik bertanya, Apa yang harus dipelajari dari kesulitan itu. Orang yang bahagia tidak pernah meratapi kesulitan yang terjadi, ia hanya menerima dan memaknainya secara positif agar membawa manfaat.

Anda tidak selalu memerlukan kehidupan yang mudah untuk bahagia. Terkadang kebahagiaan justeru bisa digapai dalam situasi yang sulit. Orang yang tampak mendapatkan begitu banyak dari kehidupan ini, sesungguhnya mereka juga sering mengalami kesulitan. Orang-orang yang tampak hidup bahagia, boleh jadi mereka telah kehilangan orang yang sangat dicintainya, mereka telah menderita penyakit serius sejak lama, dan mungkin mereka masih memiliki kesulitan hidup lainnya.

Orang yang sukses adalah mereka yang telah melewati berbagai kesulitan. Jangan biarkan kesulitan menguasai hidupmu. Jangan pasrah tak berdaya di hadapan kesulitan. Jangan gentar pada gemuruh kesulitan. Jangan lari dari kenyataan hidup. Anda tidak pantas menjadi pengecut. Andalah yang harus menguasai kesulitan itu.

Anda bisa bahagia dalam kesulitan. Nikmatilah setiap prosesnya. Jalanilah setiap tantangannya. Di ujungnya, Anda akan merasakan kebahagiaan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed