Suku Bunga BI Oktober Turun Lagi Sambaluk, Inflasi Terkendali Ji

GAMASI.COM, MAKASSAR – Kembali lagi Bank Indonesia memutuskan menurunkan suku bunga acuannya, yakni BI 7 Days Repo Rate turun jadi 5%.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Endang Kurnia Saputra, dalam press conference dengan media di Kantor BI Sulsel, Senin (28/10/2019).

Menurutnya, penurunan suku bunga ini dilakukan melihat perkembangan yang terjadi sehingga dari hasil rapat Dewan Gubernur BI pada 23-24 oktober 2019 mrmutuskan hal itu. “Kebijakan tersebut konsisten dengan perkiraan inflasi yang tetap rendah di bawah titik tengah sasaran,” jelasnya.

Sementara itu, ke depan menurut Endang Kurnia yang akrab pula disapa Adam, Bank Indonesia juga akan mencermati perkembangan ekonomi domestik dan global dalam memanfaatkan bauran kebijakan yang akomodatif untuk menjaga tetap terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal. “Ke depan, Bi tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah, jadi Inflasi 2019 diperkirakan berada di bawah titik tengah kisaran sasarannya 3,51 dan terjaga dalam kisaran sasaran 3,01 pada 2020.” (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *