oleh

Kemitraan Penyuluh KB dengan Media Massa Lokal Sangat Penting

GAMASI.COM, MAKASSAR – Kemitraan antara Penyuluh Keluarga Berencana (KB) dengan media massa lokal sangat penting guna mensosialisasikan berbagai program dan kegiatan yang akan maupun yang telah dilaksanakan, agar masyarakat memperoleh pengetahuan dan lebih memahami pentingnya ber-KB, termasuk pengetahuan tentang salah satu alat atau cara kontrasepsi moder bagi pasangan usia subur (PUS).

Kemitraan tersebut menjadi lebih berkualitas apabila para Penyuluh KB memiliki pengetahuan tentang teknik peliputan dan penulisan berita, karena berita yang baik akan lebih memudahkan wartawan untuk mempublikasikannya melalui media massa.

“Pertemuan ini menambah pengetahuan bagaimana mensosialisasikan pentingnya ber-KB,” kata Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulsel, Wardihang SE MSi, pada pembukaan Pertemuan Kemitraan dengan Media Massa Lokal Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, di Hotel Almadera, Jl Somba Opu, Makassar, Selasa, 26 November 2019.

Dengan seringnya dilakukan sosialisasi program dan kegiatan, terutama melalui media massa, diharapkan akan menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya ber-KB bagi masyarakat umum, serta pasangan usia subur (PUS).

“Dan pada akhirnya akan meningkatkan kepesertaan dalam ber-KB,” kata Wardihang.

Terkait peningkatan partisipasi masyarakat daam program BKKBN, utamanya kepsertaan dalam ber-KB, Ketua Panitia Dra Mulianti MSi, mengatakan perlu dilakukan pengembangan media promosi dan KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) yang lebih efektif dan efisien dengan memanfaatkan berbagai saluran media yang ada di tengah masyarakat.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu melalui promosi dan KIE melalui tulisan dan berita,” kata Mulianti.

Tulisan dan berita program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) apabila dikelola dan dikemas dengan baik, katanya, dapat menjadi sarana yang efektif dalam mengedukasi dan menginformasikan program-program apa saja yang sedang dan akan dilaksanakan.

“Salah satu program yang dikembangkan BKKBN yaitu program kemitraan dengan media massa mengingat kesukseskan program KKBPK selama ini sangat dipengaruhi oleh dukungan dan peran serta mitra kerja, utamanya media massa cetak, elektronik, dan media daring. Media massa sebagai mitra kerja BKKBN memiliki peran strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap program KKBPK,” tutur Mulianti.

Dengan dasar pemikiran itulah, BKKBN Sulsel bekerjasama Ikatan Penulis Keluarga Berencana (IPKB) Sulsel mengadakan Pertemuan Kemitraan dengan Media Massa Lokal yang diikuti Ketua dan Anggota Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) kabupaten dan kota se-Sulsel.

Pertemuan Kemitraan dengan Media Massa Lokal selama dua hari, kata Mulianti, diikuti 48 peserta, terdiri atas 24 orang Ketua IPeKB dan 24 Anggota IPeKB kabupaten dan kota se-Sulsel.

Acara pembukaan turut dihadiri Ketua IPKB Sulsel, Dr HM Dahlan Abubakar. Materi yang diberikan kepada peserta pada kegiatan ini yaitu Peranan Informasi dalam Penyebaran dan Peningkatan Program KKBPK (oleh Ketua IPKB Sulsel HM Dahlan Abubakar), Teknik Dasar Penulisan Berita (oleh Agus Nyomba), Etika Penulisan Berita (oleh Andi Rustan), dan Praktek Pembuatan Berita (oleh Asnawin Aminuddin).(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed