Tingkatkan Daya Saing UKM, Paguyuban SRC Makassar Gelar Festival SRC 2019

GAMASI.COM, MAKASSAR –  Paguyuban Sampoerna Retail Community (SRC) Sulawesi Selatan menggelar “Festival SRC Indonesia 2019” di Anjungan Bugis Makassar, Pantai Losari Makassar.

Selain Kota Makassar, acara ini juga dilaksanakan di 12 kota besar 0 di seluruh Indonesia. Festival ini akan kembali memperkenalkan BERKAH (Berbelanja Dekat Rumah) yaitu ajakan kepada masyarakat untuk mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal dengan berbelanja di toko kelontong dekat tempat tinggal mereka.

Manager Regional Territory PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Eric Wilyanto menyampaikan bahwa acara ini merupakan upaya SRC mengajak masyarakat memilih berbelanja di toko kelontong. “Kami mengapresiasi inisiatif paguyuban SRC dalam menyelenggarakan festival ini, karena sejalan dengan upaya konsisten Sampoerna selama lebih dari 10 tahun dalam membina UKM untuk membuka peluang agar mereka dapat terus berkembang,” ujar Eric Wilyanto.

Pemerintah Sulawesi Selatan melalui Dinas Koperasi UKM dan Dinas Perdagangan memberikan dukungan penuh dengan mengikutsertakan UKM binaannya dalam festival ini. Tujuan kolaborasi tersebut ialah untuk bersinergi melalui program pelatihan kewirausahaan dan ‘Pojok Lokal’ sebagai area khusus di toko kelontong masa kini untuk menjual produk UKM.

Selain Pojok Lokal, festival rakyat ini diisi dengan serangkaian kegiatan positif seperti jalan santai, uji coba aplikasi SRC di Pojok AYO SRC dan perkenalan Pojok Bayar sebagai sarana membayar tagihan.
Penyelenggara acara yang merupakan pelaku UKM adalah Ketua Paguyuban SRC Sulawesi Selatan, Sukirman.

”Kami sangat antusias dalam menyelenggarakan acara ini dan mengajak masyarakat untuk berbelanja di toko kelontong sebagai satu upaya mendongkrak perekonomian kerakyatan dari sudut pandang pelestarian tradisi dan budaya. Toko Kelontong merupakan peninggalan budaya perdagangan tradisional Indonesia yang sarat akan nilai-nilai budaya yang merepresentasikan kekuatan sosial dan ekonomi Indonesia sejak dulu,” ungkapnya.

Mengusung semboyan “Dekat, Hemat, Bersahabat”, SRC terus mengembangkan diri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dengan memberikan kenyamanan dalam berbelanja dan harga yang kompetitif.

Hingga saat ini, 3.659 toko kelontong di berbagai wilayah Prrovinsi Sulawesi Selatan dan sekitarnya yang tergabung dalam Paguyuban SRC Sulawesi Selatan berpartisipasi dalam kegiatan Festival SRC Indonesia ini, bersama sejumlah UKM lainnya.

“SRC telah menjadi bagian penting dari masyarakat Provnsi Sulawesi Selatan. Melalui acara Festival SRC Indonesia 2019, kami berharap agar SRC (toko kelontong masa kini) maupun UKM lokal khususnya di Kota Makassar semakin dikenal oleh masyarakat. Ke depannya, Sampoerna ingin merangkul lebih banyak lagi pemangku kepentingan agar cakupan manfaat dari program pemberdayaan yang kami inisiasi bisa merata di seluruh Indonesia,” tutup Eric Wilyanto . (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *