oleh

Prinsip Pedagang Yang Penting Laku Kodong, Picu Penurunan Harga Sejumlah Komoditas April 2020

GAMASI.COM, MAKASSAR – Yang penting laku kodong, begitulah gambaran  secara umum penjual mulai menurunkan harga ditengah pandemi Covid 19 dan penerapan PSBB yang menyebabkan permintaan masyarakat akan barang dan jasa menurun.

Hal ini tergambar dari pemaparan Deputy Director Bank Indonesia, Adang Kurnia Saputra melalui konferensi video daring bersama media, selasa sore (19/5/2020).

Bank Indonesia kantor Perwakikan Sulawesi Selatan  menyebutkan inflasi di Sulsel menurun pada April 2020, yakni  mencapai 2,96%.

Menurutnya,  selama bulan April 2020 inflasi menurun hampir di seluruh wilayah Indonesia hingga mencapai 2,6% YoY.

“Inflasi Sulsel bulan april secara tahunan didorong oleh kenaikan kelompok makanan dan minuman dan tembakau sebesar  5,19 persen (YoY) meski inflasi kelompok ini sudah menurun dibandingkan bulan maret 2020,” jelasnya.

Disebutkan,  Inflasi melambat didukung dengan kecukupan pasokan bawang putih dan bawang merah serta penurunan permintaan horeka untuk daging dan telur ayam, sementara inflasi inti cenderung stabil seiring rendahnya permintaan akibat PSBB tapi terdapat tekanan harga pada emas perhiasan dan gula pasir.

Kondisi sebaliknya di Sulsel, justru mengalami kenaikan harga, dan secara spasial hanya di Kota Parepare yang mengalami deflasi pada April 2020 sebesar -0,14 mtm. (*)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed