oleh

Bulan Inklusi Keuangan 2020 OJK Regional 6 Kembali Dilaksanakan

GAMASI.COM, MAKASSAR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku dan Papua bersama Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sulsel dan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Sulsel berinisiasi menggelar kembali kegiatan bulan inklusi keuangan di bulan Oktober 2020 ini. Puncak perayaan kegiatannya direncanakan tanggal 26 Oktober 2020 di Hotel Rinra Makassar.

Dalam pertemuan dengan media di Aston Lantai 20, jumat (9/10/2020), Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Moh. Nurdin Subandi mengatakan, tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah Satukan Aksi Keuangan Inklusi Untuk Indonesia Maju (AKSESSKU), “Akan ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan sampai tanggal 31 oktober 2020 dengan peserta berasal dari seluruh lembaga Jasa Keuangan baik dari perbankan, pasar modal, industri keuangan non bank, UMKM Binaan LJK, UMKM binaan pemerintah dan masyarakat, ” Sebutnya.

Moh.Nurdin Subandi mengakui pandemi Covid-19 justru mengakibatkan pertumbuhan ekonomi global terkontraksi cukup dalam, “Kami secara proaktif mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi nasional yang diinisiasi pemerintah.” Terkait hal itu, Himpunan Bank-bank Milik Negara (HIMBARA) Sulsel menargetkan penyakuran kredit senilai Rp. 3,81 triliun ke beberapa sektor ekonomi. Realisisasi PEN di Sulsel sebesar Rp. 3,81 triliun untuk 64.366 debitur.

Data dari OJK Regional 6 Sulampua menyebutkan perkembangan industri jasa keuangan di Sulsel Agustur 2020 lalu tetap tumbuh positif, ditopang fungsi intermediasi yang tinggi dan tingkat resiko yang tetap aman. Total aset perbankan tumbuh 0,64% yoy dengan nominal mencapai Rp. 152,30 triliun. Aset perbankan syariah mencatatkan pertumbuhan tinggi 8,18% yoydengan nominal Rp. 8,89 triliun. Aset BPR Mengalami perlambatan -3, 90% yoy. Penghimounan DPK tumbuh lebih tinggi dibandingkan penyaluran kredit dan NPL Perbankan berada di level aman yakni 2,76%.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut yakni Irmayanti Sulthan, Plt Dirut Bank Sulselbar, A. Hudli Huduri, Pimpinan wilayah PT Bank Panin, Tbk dan I Nyoman Supartha, Direktur PT BPR Hasamitra. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed