Kampung Seni Baruga Kaluarrang, berlokasi Di Lorong Wisata Kyoto Jadi Titik Kunjungan Jelajah Nilai Budaya 2022

Gamasifm, Makassar – Jelang HUT Kota Makassar yang ke- 415, Kampung Seni Baruga Kaluarrang yang berlokasi Di Lorong wisata Kyoto jl. Daeng Tata Makassar, dipercayakan menjadi titik kunjungan pelaksanaan kegiatan Jelajah Nilai Budaya Tahun 2022, minggu (23/10/2022).

Kampung Seni Baruga Kaluarrang adalah outdoor studio yang terletak di kawasan sub-urban Makassar dan dikelola langsung oleh yayasan Batara Gowa sebagai fasilitas pendidikan dan pengembangan seni budaya.

Menurut pimpinannya, Andi Muhammad Redo, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Ini diinisiasi oleh Bidang Kekayaan Budaya Dinas Kebudayaan Kota Makassar dan kami sangat senang bisa menjadi bagian dari kegiatan tahunan ini, ”
Jelasnya.

Jelajah Nilai Budaya ini diikuti oleh pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berjumlah sebanyak 50 orang.

Dipandu Finalis Duta Wisata Dan cultural Influencer, Rangkaian acara jelajah Nilai budaya ini akan mengunjungi destinasi wisata budaya dan lomba konten sosial media.

Hal ini dimaksudkan sebagai bentuk edukasi dan rekreasi budaya yang dapat meningkatkan apresiasi pelajar terhadap nilai-nilai budaya di Kota Makassar.

Kegiatan yang berlangsung 2 hari ini, dimulai dengan kunjungan pelajar SD sejak tanggal 22 Oktober 2022 dan dilanjutkan pelajar SMP di minggu 22 Oktober 2022.

Adapun rute Jelajah Wisata Nilai Budaya ini diawali, start di Museum kota Makassar, kemudian mengunjungi benteng Somba Opu, dilanjutkan ke Museum Karaeng Pattingalloang dan di akhiri kunjungan ke Lorong Wisata Kyoto di kampung Seni Baruga Kaluarrang.

Andi Redo menyampaikan, di titik kunjungan akhir nanti di lorong Wisata Kyoto, para pelajar akan di ajarkan Tarian dan musik daerah oleh Nur Asma Syukur, seorang penari dan pelatih tari Profesional dari Batara Gowa.

Kampung Seni Baruga Kaluarrang yang berlokasi di lorong wisata Kyoto, sebelah selatan Makassar ini, memberikan fasilitas pendidikan dan pengembangan seni budaya khususnya Sulawesi Selatan.

Tempat ini sekaligus wahana belajar seni budaya dengan melibatkan anak-anak dan masyarakat sekitar untuk dilatih.

Sebelumnya, Lembaga Seni Baruga Kalluarang dipilih oleh Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Makassar sebagai lokasi dalam peluncuran aplikasi Digitalisasi Kebudayaan Makassar sekaligus tempat untuk pelatihan SDM kesenian tradisional di Kota Makassar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *