Ada Unsur Jazz Dan Reggae Di Album Terbaru Udhin Leaders

MAKASSAR (9/1/2019) RADIOGAMASI. COM – Berkecimpung di ranah musik daerah, Siapa sangka penyanyi yang satu ini mengawali karir di genre musik Rock.  Menyebut nama Udhin Leaders,  tentu Masyarakat Sulsel, khususnya Bugis Makassar sudah sangat akrab dengannya.  Leaders adalah nama Bandnya kala itu,  dimana Udhin menjadi vokalisnya.

Upayanya dalam melestarikan lagu-lagu daerah bugis makassar terbilang sukses. Karya-karya yang dihasilkannya, disambutbaik oleh masyarakat, khususnya penikmat lagu  daerah. Berkunjung ke studio Gamasi FM, Udhin menjelaskan, dirinya mengawali karir ketika ikut bernyanyi di orkes-orkes sejak tahun 1979 di Makassar, “Saya pernah ikut festival lagu daerah se-Sulsel tahun  1991 di Audiutorium RRI dan Alhamdulillah juara 1,” ujarnya mengenang.

Singlenya pertama Udhin Leaders berjudul Suling Passau Pa’mai, Ciptaan Abidin Syam Dg.Lewa. Dilanjutkan album-album yang cukup hits dan akrab ditelinga penikmat musik daerah bugis makassar.

Belum lama ini,  Udhin Leaders meluncurkan album terbarunya,  dengan lagu unggulan berjudul Kukanga’ Naku Kamase, ciptaan Lukman Rola dan H. Arif Mannyingari.

Ketika hadir sebagai bintang tamu di acara Baruga Gamasi,  yang dipandu Daeng Kulle dan daeng Rannu, selasa kemarin (8/1),  Udhin banyak bercerita tentang proses pembuatan albumnya, “Ada Langgam, reggae bahkan  Jazz dalam album ini, bahkan musisi Jad N Sugy juga terlibat dalam mengaransemen musik khusus di lagu Kukanga’ Naku Kamase, ” jelasnya.

Kedepan,  menurutnya,  dia tengah mempersiapkan  Album Kumpulan Karya  terbaik Almarhum Iwan Tompo, seperti Pamma’risinnu, Jera’nu mami, Attema’ Rikamaseku, Kubella Tommo, dan beberapa hits lainnya.

Berikut beberapa karya Udhin Leaders selama berkarir :

1. Single album bugis Aja’mu masarah, Ciptaan Amir syam yang dirilis tahun 1992, produksi Libel Record.

2. Album Nakkukku’,ciptaan Misnar, Produksu Irama Baru Record tahun 1998.

3. Tani Tangga’ Ciptaan Ridwan Sau’.

4. Salasaku Ciptaan Alm.Iwan Tompo.

5. Kompilasi lagu Makassar Abadi.

6. KompilaAlbum lagu daerah Versi Rock

7. Kompilasi lagu bugis abadi.

8. Album Elo’ ande tea eco.

9. Lagu Se’re Bulekang Ciptaan Lukman Rola Prodiksi Irama Baru Record.

10. Kompilasi album makassar abadi Sa’ra’ Ritangnga Dolangang Ciptaan Almarhum Abidin Syam.

11. Kompilasi album abadi “Ati Uddanikku Ciptaan Jausy Shaleh Produksi Irama Baru Record Tahun 2014.

12. Album “Pepe’-Pepeka Ri Makka Ciptaan Bahtiar.SH.MH.

13. NA’JISIKKA’ ciptaan Udhin Leaders/Amirullah Mansyur.

14. Album “Kukanga’ Kukamase Ciptaan Lukman Rola/H.Arif Mannyingari, Tena Kisisurakkang Ciptaan Yudistira MZ.Dg.Rate, Produksi Mannyingarri Record 2018. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *