Ariani Eka : Tantangan Marcomm Untuk Membangun Brand Awareness Perusahaan

Makassar – Pemasaran dan promosi merupakan posisi yang sangat penting dalam perusahaan. Produk-produk perusahaaan tidak akan terpasarkan dengan baik tanpa posisi itu. Selain itu, Melakukan kegiatan media relations juga salah satu hal yang sangat penting. Strategi yang akan dibuat oleh seorang Marketing Communication tidak akan memiliki arti apabila Marcomm tersebut tidak melakukan kegiatan hubungan dengan media. Salah satu perusahaan besar otomotif di kawasan timur Indonesia Kalla Toyota dengan kendali pusat di Makassar dalam promosinya tentu tidak lepas dari peran seorang Marketing Communication.

Ariani Eka Syahfitri Arifin atau akrab disapa Eka yang sudah sekira 3 tahun ini menjadi bagian Marcomm di Kalla Toyota menuturkan, bahwa setiap perusahaan sebaiknya memiliki posisi tersebut karena Marcom person dapat mewakili dan mencitrakan karakter dari perusahaan itu sendiri.
Eka yang lahir di Makassar 30 agustus 1991 ini mengatakan bahwa peran Marcomm selain sebagai penghubung antar costumer, media dan klien ke perusahaan juga sebagai corong untuk membangun brand awareness perusahaan yang lebih luas.

Selain sebagai Marcomm yang juga banyak bersentuhan langsung dengan awak media, eka yang sebelumnya pernah menjadi penyiar di beberapa radio news Anchor televisi di Makassar ini menjelaskan bahwa pengalaman di dunia media sebelumnya cukup memberi pengalaman tentang dunia media dan Marcomm.
“ Saya sih lebih melihat bahwa apa yang saya dapatkan ini belum cukup secara ilmu menjadi Marcomm itu khan luas dan memang saya masih harus belajar banyak dengan mengikuti beberapa training agar bisa mengejar ilmunya tersebut. Apalagi banyak orang-orang disekitar yang bisa menjadi tempat saya belajar seperti atasan, rekan kerja, klien dan media tentunya,” ungkapnya.

Ada yang unik dari perjalanan Eka yang hobi berwisata kuliner dan travelling ini sebagai Marcomm di Kalla Toyota, disiplin yang jauh berbeda dengan pekerjaan yang ditekuninya sekarang. meski dirinya alumni Sarjana Teknik Arsitektur UNHAS yang saat ini tengah mempersiapkan penyelesaian studinya di Pascasarjana jurusan Teknik Perencanaan Kota di salah satu perguruan Tinggi, namun Eka tetap mampu menyesuaikan ritme pekerjaan yang dihadapinya saat ini, “ Menjadi Marcomm itu bukan hanya teknik tapi berhubungan manusia jadi Alhamdulillah karena saya melakoni ini semua dengan sepenuh hati.”

Mengakhiri Perbincangan dengan kru Radio Gamasi, Eka berpesan mengenai perkembangan market otomotif yang cukup menggairahkan saat ini bagi dealer resmi, apalagi menurutnya di tahun 2017 banyak tantangan marketing communication seperti hadirnya produk dengan model-model untuk di promosikan ke khalayak, “ Kami dari Kalla Toyota mewakili para Marcomm disini tentunya optimis Insya Allah bisa menjawab tantangan kedepan, “ tutupnya.

(mila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *