Aksi IWD 2019 Di Sulsel : Soroti Pengesahan RUU PKS Dan Perlindungan Anak

RADIOGAMASI.COM, MAKASSAR – Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional/ International Women’s Day (IWD), sejumlah aktivis perempuan yang bergabung dalam Koalisi NGO melakukan satu gerakan aksi kolektif dalam menyuarakan aspirasi masyarakat di Kota Makassar.

Salah seorang aktivis perempuan, Lusia Palulungan mengatakan, Hal ini dilakukan untuk mendorong pemerintah agar melahirkan kebijakan yang dapat mengatasi masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak, khususnya untuk pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual dan kebijakan lainnya untuk pencegahan Perkawinan Anak.

“Aksi kolektif ini dilakukan di Kota Makassar, sebagai aksi bersama masyarakat, SKPD terkait, DPRD, LSM/Ormas Perempuan dan berbagai komunitas untuk mendorong pengesahan RUU PKS dan menyampaikan kepada khalayak tentang pentingnya perlindungan perlindungan dari segala bentuk kekerasan,” jelas Lusi.

Aksi Kolektif ini dilaksanakan di Taman Pakui Sayang, sabtu (23/3/2019). Ini terselenggara atas kerjasama Yayasan BaKTI dan program MAMPU, YSTC, ICJ, AIPJ2, KPI Sulsel dan Koalisi Stop Perkawinan Anak Sulawesi Selatan. Radio Gamasi FM juga menjadi media partner dalam kegiatan ini.

Tema Aksi Kolektif International Women’s Day (IWD) adalah Bergerak Bersama, Hentikan Kekerasan Terhadap Perempun

Menurut Lusia, tujuan kegiatan ini adalah menyosialisasikan pentingnya pencegahan dan kekerasan seksual, perkawinan anak dan isu lainnya terkait penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Memperkuat jaringan advokasi untuk isu kekerasan terhadap perempuan
Membangun komitmen bersama untuk pengesahan RUU PKS.

Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah anggota legislatif dan calon legislatif Perempuan yang menyampaikan tanggapan dan rencananya jika nanti terpilih menjadi anggota DPRD sebagai bentuk komitmennya untuk menyuarakan permasalahan perempuan melalui tupoksinya kelak.

Untuk mendukung peran perempuan di parlemen, kegiatan ini juga mengkampanyekan partisipasi pemilih untuk memilih Caleg Perempuan melalui “Suaraku untuk Perempuan”

Kegiatan tersebut diisi dengan pertunjukan musik, dialog dan juga dilakukan Deklarasi untuk Menyatakan Komitmen Bersama untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan Dan Pencegahan Perkawinan Anak.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *