Antisipasi Cuaca Buruk, Baznas Makassar Siapkan Bantuan

Gamasifm, Makassar – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar, HM.Ashar Tamanggong memerintahkan seluruh jajarannya segera mempersiakan diri menghadapi akibat buruk dari cuaca ekstrim di Kota Makassar.

Perintah itu, setelah dirinya bersama para komisoner BAZNAS Makassar tiba di Makassar, Rabu, sore ini (19/1/2021) usai menghadiri penyerahan BAZNAS Award kepada Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, di Jakarta, Senin, 17 Januari 2022 lalu.

HM.Ashar Tamanggoong menegaskan, setidaknya di BAZNAS ada dua unit kerja dari Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan yang dipimpin oleh Ketua II, yakni Baznas Tanggap Bencana (BTB), dan Layanan Aktif BAZNAS (LAB). Baik BTB, maupun LAB memiliki tugas mulia, yakni mengurangi dampak bencana yang mengakibatkan kemiskinan dan menekan risiko keterparahan kemiskinan akibat bencana.

BTB bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pengurangan Risiko Bencana (PRB) melalui edukasi menangani korban bencana melalui tahapan Rescue, Relief, Recovery, Recontruction, serta menumbuhkan jiwa kerelawanan di masyarakat, menguatkan kapasitas dan membangun jaringan relawan.

Menurutnya, BTB melakukan tiga program. Yakni, penanganan korban bencana melalui kegiatan penyelamatan secara cepat dan tepat untuk mengurangi jumlah, bantuan kebutuhan dasar untuk mengembalikan kemandirian korban, hingga mengembalikan keadaan sebelum terjadi bencana.

Karena itu, demikian Ketua Lembaga Dakwah NU Kota Makassar ini, BAZNAS Kota Makassar harus cepat dalam merespon kejadian bencana. “Bagi BAZNAS kecepatan merespon adalah, kunci utama dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para korban bencana,” tegasnya.

Di bagian lain, ATM—sapaan akrab pria kelahiran Takalar ini meminta, seluruh jajaran lembaga pemerintah nonstruktural yang beralamat di Jalan Teduh Bersinar Makassar ini eminta selruuh jajarannya, harus siap 24 jam.

“Saya minta seluruh jajartan BAZNAS Kota Makassar siap 24 jam. Jika ada warga yang terkena musibah akibat cuaca ekstrim meminta bantuan, maka segera membantu,” ujarnya.

Penegasan ATM tersebut sekaitan himbauan Walikota Makassar soal kemungkinan cuaca ekstrim yang akan terjadi. Curah hujan juga diperkirakan mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya. Untuk itu, Danny meminta semua OPD, camat, dan lurah untuk siaga bencana banjir dan angin puting beliung.

Sebelum mengakhiri penegasan kepada jajaran BAZNAS Kota Makassar, ATM juga mengajak masyarakat yang mendapat langgaran genangan air agar meletakkan dokumen dokumen penting di tempat yang aman, atau memasukan masukkan pada wadah yang kedap/tahan air, agar tidak rusak. Sediakan Perlengkapan P3K dan alat-alat standard penyelamatan.Tutuplah dengan aman stop kontak listrik, jika perlu padamkan listrik dan saluran gas rumah.

“Dan yang lebih penting, jika membutuhkan pertolongan cepat melalui BAZNAS Kota Makassar, maka hubungi No Hp 08114419888. Kami siap 24 jam,” tutup ATM. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *