Tingkatkan Layanan, Proyek BHC-IOM Gelar Pelatihan Khusus Untuk Operator Call Centre 112 Makassar

Gamasifm, Makassar – Proyek Building Healthy City (BHC) bekerjasama dengan JSI, International Organization for Migration (IOM) dan Diskominfo Makassar, hadir dalam talkshow di studio Radio Gamasi, jumat (21/1/2022), dengan menggandeng Dinas PU Kota Makassar sebagai salah satu SKPD yang mendukung pelaksaanan cakupan layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) Call Centre 112.

Dr Ahmad Isa selaku project officer BHC -IOM Mengatakan, proyek bersama ini sudah dilaksanakan selama 5 tahun di kota Makassar, yang secara umum mendukung visi kota Makassar sebagai dunia, Sehat dan nyaman untuk semua.

Dari 3 Kota yang ada di dunia. Makassar satu-satunya kota yang terpilih di Indonesia untuk mendapatkan dukungan penuh oleh pihak IOM setelah Indore (India) dan Da-Nang (Vietnam). Hal ini dilakukan untuk mendukung kota sehat dengan fokus kepada kebijakan, perencanaan dan layanan kota sesuai dengan prinsip kesetaraan kesehatan.

“Di NTPD 112 kami melakukan penguatan staf, khususnya bagian operator kami melakukan pelatihan bertujuan untuk mempersiapkan dan meningkatkan kualitas Layanan, ” jelas Dr Ahmad Isa.

Sementara itu, Kepala UPTD Operation Room Diskominfo Makassar, Yamlikh Azikin menjelaskan NTPD 112 merupakan layanan
bebas pulsa yang bisa di akses seluruh masyarakat makassar jika mengalami kondisi gawat darurat atau memerlukan informasi seputar kota.

“seluruh layanan publik bisa diakses melalui call centre 112, termasuk layanan darurat, seperti Home Care, pemadam kebakaran, penanggulangan bencana, termasuk kepolisian dan lain-lain. Layanan ini dapat diakses baik menggunakan ponsel maupun telepon rumah. Termasuk saat ponsel kita tanpa pulsa atau saat ponsel dalam situasi terkunci. Apapun providernya, 112 tetap dapat diakses secara gratis tiap saat selama 24 jam, ” jelas Yamlikh.

Menurutnya, pengaduan kesehatan menempati urutan tertinggi yang masuk di 112, disusul layanan Pekerjaan Umum.
Dukungan dari pihak BHC-IOM menurut Yamlikh sangat membantu meningkatkan kinerja 112.

Pejabat pengelola Informasi dan dokumentasi dinas PU Makassar, Hamka Darwis menyebutkan, bersinergi dengan Call Centre 112 untuk memberiksn layanan kepada warga dalam hal, pemeliharaan lampu jalan, penyedotan tinja, drainase dan jalan rusak.

“Kami memiliki 481 satgas yang siap membantu masyarakat di 14 kecamatan yamg ada, Dinas PU akan selalu berinovasi untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Kami berharap kedepan, pihak BHC IOM bisa juga memberikan dukungan pelatihan ke Dinas PU Kota Makassar,” Pungkas Hamka. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *