oleh

Sukses Pentas di Rumanis, Batara Gowa Kembali Pentas Bersama Grup Tari Asal New York

-BERITA GAMASI-114 DIBACA

Gamasifm, Makassar – Setelah sukses menggelar pertunjukan dengan karya “Lino” di Kota Bucharest, Romania. Grup kesenian asal Makassar, Lembaga Seni Budaya Batara Gowa kembali mementaskan Lino pada hari sabtu, 3 desember 2022 di Wisma Kalla Makassar dalam rangkaian acara Pertunjukan Publik Dancing to Connect Indonesian Tour 2022 yang diselenggarakan oleh Battery Dance grup tari asal New York, Amerika Serikat dan didukung oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Lino secara harfiah berarti dunia atau alam semesta. Lino menggambarkan perspektif masyarakat Makassar dan Bugis terhadap konsep kosmologis yang tertanam dan terjaga kelestariannya dengan baik dalam bentuk pemahaman filosofis Sulapa Appa’ (rectangular) yang tiap sisinya mewakili empat unsur yakni Api, Air, Tanah, dan Udara. Lino juga menampilkan bagaimana konsep pemahaman gender dalam masyarakat adat Makassar dan Bugis.

Sambutan dan apresiasi yang luar biasa datang dari penonton termasuk dari Jonathan Hollander, pendiri dan president Battery Dance yang mengatakan sangat terkesan dengan “Lino” dan berencana mengundang Batara Gowa untuk menampilkan Lino pada Battery Dance Festival yang diselenggarakan di Kota New York, Amerika Serikat pada bulan agustus tahun depan.

Tampil sebagai performer di Lino adalah maestro musik Basri Baharuddin Sila serta penari dan pemusik lintas generasi di Batara Gowa. Dibawah arahan Andi Redo sebagai artistic director dan penyusun konsep.

Sebelumnya dilansir dari portal kemlu.go.id, sambutan serta apresiasi yang luar biasa juga diberikan oleh masyarakat di Kota Bucharest, Rumania ketika Batara Gowa menampilkan Lino di Dalles Theatre Bucharest pada november kemarin. Beberapa seniman dan dosen seni di Rumania juga sangat antusias mengikuti workshop pertunjukan Lino yang diselenggarakan sehari setelahnya di National Music University of Bucharest. Beberapa media pers di Rumania juga memberitakan secara positif pertunjukan tersebut.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT