oleh

Temu Pendidik Nusantara Ke-9 Digelar, Sekolah Islam Athirah Jadi Tuan Rumah

Gamasifm, Makassar – Temu Pendidik Nusantara kembali digelar untuk kesembilan kalinya dan mendapatkan dukungan penuh dari Sekolah Islam Athirah yang akan menjadi tempat dilangsungkannya acara yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara pada tanggal 7 Agustus 2022.

Kegiatan Temu Pendidik Nusantara ini merupakan kegiatan tahunan yang digagas oleh Yayasan Guru Belajar dengan skala internasional yang telah mendapatkan penghargaan nominator UNESCO Hamdan Prize for Teacher Development, yang bertujuan sebagai wadah akbar bagi guru-guru se-Nusantara untuk saling berbagi praktik baik pengajaran, menggelar pameran karya, maupun kreatifitas lainnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara serentak di beberapa daerah dan Makassar menjadi salah satunya, untuk Temu Pendidik Nusantara Makassar akan dipusatkan di Sekolah Islam Athirah Kajoaliddo yang tidak hanya memiliki fasilitas dan kapasitas yang sangat mendukung tetapi juga sebagai salah satu sekolah swasta tertua di kota Makassar yang seiring waktu kian memantapkan eksistensinya di dunia pendidikan.
Syamril S.T, M.Pd, selaku Direktur Sekolah Islam Athirah mengungkapkan bahwa akan mendukung dan menjadi bagian dalam kegiatan ini, terlebih lagi sekolah islam Athirah merupakan sekolah penggerak yang menerapkan kurikulum merdeka, kurikulum kekinian yang memberdayakan konteks dengan fokus kepada fleksibilitas, kompetensi inti, dan refleksi.

“Athirah akan menjadi Learning Centre bagi guru dari mana saja yang ingin belajar, sehingga keberadaannya akan menjadi manfaat bagi lebih banyak pihak, ini sefrekuensi dengan konsep merdeka belajar yang kini menjadi kurikulum pendidikan di Indonesia,” ungkapnya.

Tentunya, kegiatan ini merupakan momentum besar bagi guru-guru dan praktisi pendidikan untuk mengembangkan kompetensi dan mendapatkan banyak ide-ide mutakhir terkait pendidikan yang nantinya dapat diterapkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di nusantara.

Adelia Octoryta, selaku Ketua Komunitas Guru Belajar Nusantara Kota Makassar menjelaskan bahwa kegiatan ini yang merupakan peluang bagi para pendidik untuk saling menebarkan apreasiasi, inspirasi, bahkan menghasilkan inovasi.

“Melalui Temu Pendidik Nusantara akan lebih banyak guru yang berkesempatan mengembangkan dirinya dengan mendapatkan banyak ide-ide dalam proses pembelajaran, saling berbagi cerita tentang pengalaman maupun kreatifitas, hingga berdiskusi dalam menemukan formula yang tepat dalam menghadapi permasalahan pendidikan yang ada saat ini,” tambahnya.

Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pendidik, terutama dengan adanya proses pertukaran informasi dari guru-guru yang memiliki kondisi hingga permasalahan yang berbeda-beda.

Dengan adanya banyak referensi maupun berbagai perbedaan sudut pandang, maka semakin banyak alternatif solusi dan inovasi yang dapat lahir dari kegiatan Temu Pendidik Nusantara.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT