oleh

Dinas PU Makassar Sosialisasi Layanan Sedot Tinja di Gamasi

Gamasifm, Makassar – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar menyiapkan layanan penyedotan tinja untuk warga, hal ini disampaikan melalui Talkshow yang dilaksakanan di studio Radio Gamasi oleh Kepala UPT Pengelolaan Air Limbah ( PAL) Hamka Darwis, Selasa 21/6/2022.

Menurut Hamka Darwis yang juga PPID Dinas PU Makassar, pelayanan dibuka mulai Senin sampai Sabtu. Masyakarat yang ingin menggunakan jasa ini dikenakan tarif Rp250 Ribu satu kali sedot tinja.

“ini tentu Sesuai Perda retribusi Rp250 ribu per satu kali sedot,” jelas Hamka.

Lebih lanjut menurutnya, Sebagai tempat penampungan dan pengolahan tinja sementara, keberadaan septic tank penting untuk mencegah penularan penyakit dan penyebaran bakteri. Selain itu, septic tank juga solusi mencegah timbunan tinja mencemari air dan lingkungan.

“yang dikuras itu lumpurnya, Masih banyak orang yang terbiasa membiarkan kotoran di dalam septic tanknya terus menumpuk dan berpikir jika hal ini tidak perlu disedot atau dikuras. Padahal, kita perlu selalu rutin menguras septic tank setidaknya tiga tahun sekali. Jika kita malas melakukannya, bisa jadi kotoran di dalam septic tank merembes ke luar dan membuat lingkungan di sekitarnya menjadi tercemar,” sebut Hamka.

Sementara itu, Muhammad Arif staf UPT PAL mengatakan, Dinas PU Makassar akan meluncurkan aplikasi daring berbasis android bernama Go-Sedot Makassar untuk melayani limbah domestik masyarakat setempat, seperti menyedot tinja.

Ia mengatakan pendaftaran aplikasi Go-Sedot sudah bisa diunduh melalui layanan play store.

“Jadi, bisaki pengoperasian aplikasi itu seperti biasa dengan menggunakan smartphone seperti layaknya untuk memesan kendaraan, tapi ini khusus sedot limbah secara daring,” Ujar Arief.

Talkshow yang dipandu Citra atau Indo Sitti ini cukup banyak di dengarkan masyarakat. Terbukti, penelpon yang bertanya silih berganti..

Bagi masyakarat yang ingin membutuhkan jasa sedot tinja dari Dinas PU, dapat menghubungi call center 112. Atau bisa melalui nomor 085106829777. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT