oleh

Baznas Makassar Salurkan Bantuan Ke Korban Musibah Kebakaran Rappokalling

-BERITA GAMASI-132 DIBACA

Gamasifm, Makassar – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar dipimpin H.M.Ashar Tamanggong (Ketua) menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban kebakaran di Lorong 5, Jalan Rappokalling Timur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo.

Turut hadir Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, Ahmad Taslim, Kabid II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan (Astin Setiawan), Komandan BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Sudirman N, Kepala Layanan Aktif BAZNS (LAB), H.Arifuddin, serta staf Syarifuddin Pattisahusiwa.

Bantuan yang diterima Lurah Rappokkaling, Salma, S.Ssos di posko induk, tepat pukul 10.00 Wita, Rabu, 28 September 2022 itu berupa beras, telur, super mie, air mineral dan lainnya.

H.M.Ashar Tamanggong mengharapkan, bantuan yang diberikan lembaga Amil yang berkantor di Jalan Teduh Bersinar Nomor 5, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar itu dapat meringkan penderitaan yang dialami korban. Pasalnya, peristiwa kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.25 Wita, Senin 26 September 2022 itu kebanyakan para korban tidak sempat menyelamatkan barang barang mereka.

“BAZNAS Kota Makassar sangat tersentuh akibat kebakaran ini. Makanya, kami terpanggil dan datang ke sini memberikan semangat, sekaligus menyampaikan ala kadarnya sebagai penyambung tangan para Muzaki yang telah memberikan amanah dan kepercayaan berupa Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) kepada BAZNAS Kota Makassar. Kemudian dari ZIS tersebut, BAZNAS Kota Makassar langsung menyerahkan secara tepat dan tepat,” ujarnya.

ATM—sapaan akrab kandidat Doktor di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini menambahkan, selain bantuan bahan makanan dan minuman yang disalurkan lembaga pemerintah nonstruktural yang terpercaya ini, pihaknya juga merencanakan Kamis, 29 September, besok akan menyerahkan lagi pakain layak pakai.

“Besok (Kamis), BAZNAS Kota Makassar juga akan menyerahkan pakaian layak pakai. Dan, jika ada para dermawan, atau muzakki yang mau menyumbang, apapun itu kepada para korban, bisa langsung ke posko induk di lokasi kebakaran , atau bisa juga ke Kantor BAZNAS Kota Makassar. Pasti, BAZNAS menyalurkan ke lokasi kebakaran,” tutup ATM, sekaligus menyempatkan diri meninjau lokasi kebakaran, dan meminta para korban tetap bersabar.

Sementara itu, Lurah Rappokalling, Salma, S.sos mengucapkan terima kasih kepada Ketua BAZNAS Kota Makassar yang turun langsung menyerahkan bantuan.

“BAZNAS Kota Makassar betul betul sangat peduli. Kami mewakili korban kebakaran di Rappokalling tidak bisa mengungkapkan dengan kata kata. Yang pasti, BAZNAS sangat peduli. Mereka sejak peristiwa ini terjadi sudah berada di lokasi kejadian, bersama berbagai elemen masyarakat lainnya,” ujarnya.

Pernyataan senada dikemukakan Daeng Bunga. Perempuan sekitaran 80-an tahun ini dengan terbatabata pun mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Kota Makassar.

Seperti diketahui, peristiwa kebakaran kembali melanda Kota Makassar. Kali ini, si jago merah menghanguskan 35 rumah yang dihuni 39 Kepala Keluarga (KK), dan 151 jiwa, di Jalan Rappokaling Timur Lorong 5. Kerugian pada musibah naas yang terjadi di wilayah hukum Kelurahan Rappokaling, Kecamatan Tallo, sekitar pukul 18.25 Wita Senin, 26 September malam ini, ditaksir miliaran rupiah.

Saat kebakaran, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Makassar, H.Ashar Tamanggong langsung memerintahkan Tim BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) segera ke lokasi kebakaran. Tim pertama ini dipimpin Asrijal Syahruddin, beranggotakan Muh Irfan sudah berada di lokasi sekitar pukul 18.37. Tim ini bersama warga sekitar membantu memadamkan lidah api, dengan peralatan seadanya.

Tim kedua dipimpin Komandan BTB, Sudirman N bersama dua rekannya Safaruddin Al-Aidid, dan Syarifuddin Pattisahusiwa, serta Irwandi– relawan dari mahasiswa PKL Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar di BAZNAS. Tim kedua ini melakukan survei, sekaligus mengasesmen jumlah kepala keluarga yang terkena imbas dari musibah kebakaran.

“Jadi, tim kedua ini khusus mengasesmen apa kebutuhan korban kebakaran. Berapa kepala keluarga yang berhak menerima bantuan. Dan, kebutuhan mendesak apa saja yang akan disalurkan” ujar Sudirman N.

Sudirman N mengemukakan, setelah melakukan asesmen, pihaknya langsung membicarakan dengan para pimpinan BAZNAS Kota Makassar. “Jadi, untuk sementara ini, BAZNAS Kota Makassar akan memberikan bantuan beras dan telur,” jelasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKAIT